Cerita Pendek Baru Hyouka, Tanda Sequel?

Tulisan pertama yang di publish di tahun 2022. Sebenarnya saya punya beberapa draft yang masih berhubungan dengan review (walaupun skincare). Sayangnya saya malas untuk mengedit draft tersebut sehingga sudah enam bulan ini berdebu tulisannya…. Alasan saya menulis kali ini cukup simple.

Saya sedang merasa sangat senang.

Kenapa?

Yonezawa Honobu mengumumkan pada 21 Juli lalu bahwa ia akan mem-publish cerita pendek Hyouka.

(Tweet yang di translate oleh pigcowhybrid cr.reddit)

Awalnya saya tidak sadar bahwa akan ada cerita baru walaupun mengikuti twitter beliau. Barulah ketika saya iseng membuka baka-tsuki, saya menemukan sudah ada cerita pendek baru.


Ekspresi Saya Ketika Melihat Cerita Baru

Cerita yang berjudul  “Three Secrets, or The Meeting to Figure Out What’s Holding Up the Hoshigaya Cup Preparation”  atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berjudul “Tiga Rahasia atau Pertemuan Untuk Mengetahui Apa yang Menghambat Persiapan Hoshigaya Cup”.  

Dari judulnya saja sudah merangkum keseluruhan cerita.  Latar belakang waktunya juga sudah kita ketahui, cerita ini mengambil alur mundur sebelum Hoshigaya Cup berlangsung.   Saya merasa Yonezawa Honobu sedang tidak ingin memikirkan judul cerita yang menarik. Tapi apakah itu membuat cerita ini tidak semenarik cerita-cerita sebelumnya?  Kenapa Yonezawa Honobu membuat cerita ini yang sepertinya tidak menambah apa-apa kedalam seri Hyouka?

Kita akan bahas itu di artikel selanjutnya. Untuk sekarang, saya ingin membahas hilal Hyouka 7 yang semakin terlihat.

Dari tweet di atas sudah semakin menunjukan bahwa Yonezawa Honobu akan merilis Hyouka ketujuh. Kira-kira apa yang akan ia tulis untuk novel ketujuh Hyouka ini?

Yonezawa Honobu sudah menjawab pertanyaan ini dari 2017 silam. Saat di wawancara di buku “Honobu Yon ezawa and the Classic Club” dia mengatakan jika ini mengenai liburan musim panas, tentunya berdasarkan masalah yang dihadapi Chitanda.

Di wawancara itu juga dia sudah memutuskan apa yang terjadi dengan Chitanda sejak tahun 2014.  Saat itu Yonezawa Honobu sedang ada projek yang berhubungan dengan Hyouka dan menyadari jika Chitanda hanyalah sebuah karakter yang kosong, seperti robot yang ada hanya untuk menghadirkan misteri.  Maka dari itu Yonezawa Honobu memecahkan kehidupan Chitanda yang dulunya masa depan dia sudah diatur sehingga dia tidak harus khawatir mengenai hal itu, menjadi Chitanda bisa memilih masa depan dirinya.

Jika benar mengenai libur musim panas, Hyouka tujuh akan langsung melanjutkan cerita pendek di Hyouka 6 dengan membahas apa yang sebenarnya terjadi terhadap Chitanda. Ini pastinya akan memberikan kita pengetahuan lebih luas mengenai Chitanda yang bisa dikatakan masih misterius.

Chitanda Eru bisa dikatakan adalah orang yang ingin mengetahui segala sesuatu, bahkan di hal yang seharusnya tidak perlu.  Dia adalah seseorang pemerhati yang baik hanya saja kurang dalam menarik sebuah simpulan.  Maka dari itu Chitanda mengandalkan Oreki Houtarou untuk menarik simpulan atau memecahkan sebuah misteri. 

Kemudian saat dirumah, ia menjadi seseorang yang ‘diandalkan’.  Chitanda tidak bisa menuntut seseorang karena dialah penerus kepemimpinan dikeluarganya.  Chitanda menjadi seorang yang serius.  Dia harus menahan keinginan tahunya juga tidak bisa mengharapkan seseorang di lingkungan keluarganya untuk membantu Chitanda memecahkan misterinya.  

Tetapi disaat tiba-tiba Chitanda dilepaskan dari tanggung jawab yang telah dia emban sejak kecil, tentu saja dunianya berubah.  Bukan hanya bisa menentukan sebuah pilihan, Chitanda juga pasti merasa limbung dengan dirinya.  Dulu dia tidak bisa mengeluarkan rasa ingin tahunya menjadi bisa.  Dulu dia tidak bisa mengharapkan keluarganya karena ia adalah tumpuan di keluarganya, sekarang dia bisa.  Pada akhirnya kita bisa melihat bagaiamana sebenarnya seorang Chitanda Eru.  Juga perubahan besar yang akan terjadi diseorang Chitanda Eru.

Dibandingkan karakter-karakter yang lain, Chitanda memang belum digambarkan secara sempurna.  Oreki memang seseorang yang pemalas, tetapi dibalik itu semua ia juga ingin terlibat di hal-hal menarik saat SMA.  Satoshi dengan pengetahuannya yang luas berbandig lurus dengan keinginan dia menjadi seorang yang lebih baik lagi dibandingkan masa SMP-nya.  Mayaka dibalik sifat kerasnya terhadap Oreki adalah orang yang pengertian.  Ia dengan mudah mengerti sifat Satoshi dan menjadi teman akrab Chitanda.  Kita bisa melihat hal itu semua dari cerita-cerita sebelumnya.

Mengenai Chitanda…..

Ini adalah perdana kita melihat sisi lain seorang Chitanda.  Bahasa kasarnya adalah sisi gelap seorang Chitanda….

Jujur, saya sendiri menantikan Hyouka 7 bukan hanya karena ending Hyouka 6 yang greget pakai banget, tapi saya berharap di novel ini para anggota berkumpul kembali untuk menyelesaikan sama-sama.  Untung-untung kita bisa mendapatkannya seperti Hyouka 1.  Walaupun hanya kumpul kemudian yang tahu kebenarannya hanya Oreki seperti di Hyouka 2 dan 3 pun tidak apa-apa.  Yang terpenting saya ingin mereka berada dalam satu ruangan membahas misterinya.  Bukan seperti Hyouka 5…..

Selain mengharapkan anggota yang bisa berkumpul, saya juga menantikan Hyouka 7 karena misterinya. Seperti yang kita ketahui, misteri yang ada di Hyouka terbatas yang hanya mencakup misteri sehari-hari yang dipecahkan oleh murid sekolah. Misteri seperti apa yang masih cakupan Klub Klassik tapi melibatkan keluarga Chitanda? Apalagi latar belakangnya di luar sekolah. Bayangkan mereka kumpul pada sat liburan membahas kasus yang tidak berhubungan di luar sekolah….

Watashi kiminarimasu~


Kira-kira kapan dilirisnya?

Sebelumnya, tahun 2021 Yonezawa Honobu berencana untuk mengeluarkan dua buku yaitu “Arioka Castle Incident” dan “Season of Shiori and Lies” dirilis. Kenyataannya hanya “Arioka Castle Incident” dan sequelnya yang dirilis. Sedangkan tahun 2022, beliau sudah memberi tahu bahwa “Season of Shiori and Lies” akan dirilis pada musim gugur.

Tweet dari seorang penggemar mengenai projek Yonezawa Honobu

Beliau memiliki beberapa project yang akan dirilis selain “Season of Shiori and Lies”, adalah “Lieutenant Kudzu Short Story Collection”. Kedua cerita ini sama-sama dirilis pada Musim Gugur 2022 a.k.a penghujung tahun ini.

Tweet Yonezawa Honobu Mengenai Publikasi Buku Tahun Ini

Pada bulan Juli tanggal 7 beliau mengatakan akan mereilis cerita berjudul “Promenade” yang akan dirilis majalah Nikkei setiap kamis selama enam bulan. Itu artinya dari Julli 2022 hingga Januari 2023 setidaknya beliau menulis cerita “Promenade”.

Tweet Yonezawa Honobu Mengenai Projek yang Sedang Ia Kerjakan

Anggap lah buku yang akan dirilis pada musim gugur sudah selesai ditulis, “Promenade” akan menjadi cerita yan masih ditulis. Kemudian Yonezawa Honobu juga menulis Hyouka 7.

Saya akan sangat senang apabila Hyouka 7 keluar di musim dingin.  Tapi tahun 2023 juga tidak apa-apa hehehe….  Untuk bahasa Indonesianya jika keluar tahun 2023 maka 2024 baru dirilis?

WKWKWKWK~

Selamat menunggu….

Setidaknya para penggemar Hyouka tidak digantung lagi walau harus menunggu lama.

Berharap setelah Hyouka 7 serial selanjutnya Hyouka 8 juga cepat keluarnya.

AAAMIIINN…..

Sudahlah, sebelum tulisan ini melantur kemana-mana saya cukupkan sampai sini….

Tulisan ini dibuat karena saya sangat senang dengan adanya cerita pendek Hyouka baru.  Selamat jumpa ditulisan berikutnya yang masih membahas Hyouka (Kemungkinan saya memberikan analisis saya kepada dua cerita pendek yang belum di bukukan).  Selamat menikmati Agustus dengan konten Hyouka dari saya…

Warm Regards,

Ally ^^

Leave a comment